Nikah Massal 2017 di Gedung Kanzus Sholawat

07 Januari 2017
Author :  

24 pasangan mengikuti prosesi nikah massal di Gedung Kanzus Sholawat Jalan Dr Wahidin Kota Pekalongan

Majelis Azzahir  – Nikah massal itu merupakan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurut perwakilan Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H Masrukhin, dari 24 pasangan pengantin yang tercatat sebagai peserta, sebanyak empat pasangan di antaranya berhalangan hadir di Gedung Kanzus Sholawat.

"Nikah maulid diikuti 24 pasangan. Tetapi yang hadir 20 pasangan. Tiga pasangan tidak bisa hadir karena kebanjiran. Rumahnya tergenang banjir rob. Sedangkan satu lainnya tidak hadir karena sakit," kata Masrukhin.

Peserta nikah maulid ini sendiri berasal dari Kota dan Kabupaten Pekalongan. Terbanyak dari wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, dan telah tersadaftar di KUA setempat sebanyak 16 pasangan.

Selanjutnya dari KUA Kecamatan Pekalongan Timur ada empat pasangan, dari KUA Pekalongan Selatan tiga pasangan, dan dari KUA Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, ada satu pasang pengantin.

Sedangkan jika dilihat dari segi usia, peserta nikah maulid tertua bernama Sri Puji Rahayu (65), asal Kramatsari, Pekalongan Barat. Ia menikah dengan seorang pria bernama Abdullah (62), asal Soko, Pekalongan Selatan. Keduanya mendaftar nikah melalui KUA Pekalongan Selatan.

Sang suami, Abdullah, mengaku pernikahan tersebut merupakan yang pertama kali baginya maupun bagi sang istri. Ia mengaku senang ikut mendaftar nikah maulid, karena tidak dipungut biaya. "Senang ikut nikah ini, karena nggak mampu. Insya Allah berkah," tuturnya.

Sedangkan pasangan termuda tercatat atas nama Dea Ayu Pratiwi (19), yang menikah dengan Heri Sabtu Pribadi, keduanya dari Noyontaansari, Pekalongan Timur.

Selain tidak mengeluarkan biaya, para peserta nikah maulid juga mendapat tali asih uang saku dari panitia. Secara simbolis, tali asih diserahkan kepada peserta nikah oleh Wakil Bupati Pekalongan, Arini Antono.

Acara nikah maulid ini dihadiri unsur Muspida atau forkompinda Kota Pekalongan maupun Kabupaten Pekalongan. Beberapa pejabat yang hadir antara lain Wakil Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Wakil Bupati Pekalongan Arini Antono, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Sugiharto Silalahi, serta Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Heri Bambang Wahyudi.

Ketua Umum Panitia Maulid Kanzus Sholawat AKBP Enriko Sugiharto Silalahi menyampaikan bahwa nikah maulid merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Kanzus Sholawat pimpinan Habib Luthfi bin Yahya.

Beberapa kegiatan lainnya, antara lain Silaturahmi Ulama Thariqah Indonesia bersama TNI Polri di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen, Kabupaten Pekalongan, pada Sabtu (7/1). Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dijadwalkan akan hadir pada acara ini. Kemudian acara Pawai Panjang Jimat pada siangnya mulai pukul 13.30 WIB.

Puncak maulid akan digelar pada Minggu (8/1) mulai pukul 07.00 di Gedung Kanzus Sholawat. Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

0 Comment 134 Views
Azzahir Pers

Seputar Informasi Berita Majelis Ta'lim Wal Maulid Majelis Azzahir

(Habib Bidin Segaf Assegaf) dan (Habib Achmad Al-Habsyi).

Leave your comment