Pawai Panjang Jimat 2017

03 Januari 2017
Author :  

Sebanyak 80 grup atau tim telah mendaftar sebagai peserta Pawai Panjang Jimat untuk memeriahkan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SA.

Majelis Azzahir – Sekretaris Umum Panitia Maulid Kanzus Sholawat, Sumarjo, mengatakan pendaftar Pawai Panjang Jimat itu berasal dari Pekalongan dan sejumlah daerah lainnya.

Mereka terdiri dari berbagai kelompok seni budaya, ormas, santri, pelajar, TNI, Polri, pengusaha batik, padepokan pencak silat, Banser, tim SAR, dan sebagainya. “Sebenarnya jumlah peserta yang akan ikut kita batasi, tetapi ternyata antusiasme masyarakat untuk ikut Pawai Panjang Jimat sangat besar,” ungkap Sumarjo, kemarin (2/1).

Pawai Panjang Jimat ini rencananya digelar pada Sabtu (7/1) dari pukul 13.30 sampai 17.00. Rombongan pawai akan bertolak dari Alun-alun Kota Pekalongan dan finish di kawasan Jetayu. Sebagaimana pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, Pawai Panjang Jimat ini menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu masyarakat Pekalongan dan sekitarnya.

Sumarjo menambahkan, tema yang diusung dalam Pawai Panjang Jimat ini adalah “Indonesiaku Indonesiamu Indonesia Kita, Bhinneka Tunggal Ika. Yang Sudah Kami Persatukan Jangan Engkau Pecah Belah, Jangan Engkau Permalukan Aku di Hadapan Tuhan YME”.

Selain Pawai Panjang Jimat, perhelatan Maulid Nabi yang diselenggarakan Kanzus Sholawat pimpinan Habib Luthfi ini juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan lain.

Diantaranya, pada Jumat (6/1), mulai pukul 08.00 hingga 11.30 WIB akan digelar Nikah Maulid yang diikuti beberapa pasang pengantin sekaligus di Gedung Kanzus Sholawat, Jl Dr Wahidin, Kota Pekalongan.

Selanjutnya mulai pukul 13.30 akan digelar Kirab Merah Putih dari Masin, Warungasem, Batang, dengan titik finish di Alun-Alun Kota Pekalongan .

Sedangkan pada hari Sabtu (7/1) mulai pukul 07.00 sampai 09.00 dilaksanakan Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI di Alun-Alun Kota Pekalongan. Kegiatan ini akan diikuti sekitar dua ribu orang. Peserta terdiri dari TNI, Polri, Pramuka, Banser, padepokan pecak silat, ormas, santriwan santriwati, pelajar, Pemuda Pancasila, serta berbagai elemen lainnya.

“Semua peserta akan memakai ikat kepala merah putih,” kata Sumarjo.
Selanjutnya, masih pada hari yang sama, akan digelar silaturahim mursyid tariqah Indonesia bersama TNI Polri di GPU Kajen, Kabupaten Pekalongan, dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Puncak maulidurrasul akan dilaksanakan pada Minggu (8/1) mulai pukul 07.00 di Gedung Kanzus Sholawat. Ribuan umat muslim dari berbagai daerah serta para alim ulama dari dalam dan luar negeri akan hadir pada kegiatan ini. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman dikutip Radar Pekolongan

0 Comment 136 Views
Azzahir Pers

Seputar Informasi Berita Majelis Ta'lim Wal Maulid Majelis Azzahir

(Habib Bidin Segaf Assegaf) dan (Habib Achmad Al-Habsyi).

Leave your comment